Home / Uncategorized / Akibat Terendam Banjir, Banyak Warga Yang Mengungsi Dari Pacitan

Akibat Terendam Banjir, Banyak Warga Yang Mengungsi Dari Pacitan

Akibat Terendam Banjir, Banyak Warga Yang Mengungsi Dari Pacitan – Banjir merendam beberapa desa di empat kecamatan di Kabupaten Pacitan. Air yang merendam beberapa Desa Sidomulyo (Kecamatan Ngadirojo) , Desa Lorok serta Desa Kebonagung (Kecamatan Kebonagung) , Kecamatan Pacitan dan Kecamatan Arjosari datang dari hujan deras mulai sejak Senin 27 November 2017.

” Ketinggian air lebih dari 1 mtr., ” kata Sekretaris Tubuh Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan Ratna Budiono pada wartawan, Selasa (28/11/2017) .

Luapan air hujan merendam ruas jalur lintas selatan (JLS) . Ketinggian air yg tidak dapat meresap itu sampai menyentuh batas atas roda truk. ” Karna tempat JLS lebih tinggi ketinggian air tidak separah ruang beda, ” katanya.

Dari pantauan BPBD, keadaan terparah menempa ruang persawahan. Dengan topografi sawah berposisi lebih rendah di banding jalan. Di lokasi Kecamatan Kota (Pacitan) , semua sawah hampir terbenam. Cuma saja belumlah ada perhitungan tentu seberapa luas ruang persawahan yang terbenam.

BPBD mulai sejak Selasa (28/11/2017) jam 03. 00 WIB awal hari sudah membangun dapur umum di Desa Sirnoboyo Kecamatan Pacitan serta Kecamatan Kebonagung. Hal tersebut menyusul limpahan air yang masuk ke permukiman warga.

Menurut Ratna, pihaknya belum juga ketahui seberapa banyak jumlah warga yang mengungsi. Tetapi dari 500 nasi bungkus yang disiapkan dalam waktu relatif cepat ludes diberikan pada pengungsi. ” Kita belum juga dapat mengkalkulasi berapakah banyak jumlah pengungsi, ” terangnya.

BPBD juga terima info ada seseorang anak di Desa Sirnoboyo Kecamatan Pacitan terbawa arus banjir. Anak yang belum juga di ketahui bukti diri, cirri-ciri serta khusus alamat itu diberitakan lenyap waktu banjir menerjang kampungnya.

Info itu menebar lewat WhatsApp yang belum juga dapat di pastikan kebenarannya. ” Tetapi kita mengerahkan tim untuk lakukan pencarian sekalian meyakinkan kebenarannya, ” tuturnya.

Waktu berbarengan BPBD Pacitan juga terima laporan musibah tanah longsor di Desa Kresem. Infonya, material yang menerpa tempat tinggal melukai salah seseorang warga. Korban segera dilarikan ke RSUD Pacitan.

Longsor juga berlangsung di beberapa ruas JLS di lokasi Tamperan Pacitan. Belum juga di ketahui tentu apakah longsor juga menumpuk tempat tinggal warga atau tidak. ” Sampai saat ini kami selalu menghimbau warga untuk tingkatkan kewaspadaan, ” katanya. Sesaat walau air berangsur surut, hujan masih tetap mengguyur beberapa besar lokasi Pacitan.

Amin, warga Kediri yang sering lakukan perjalanan ke Pacitan membetulkan banjir karena hujan deras gampang menempa beberapa besar lokasi Pacitan. Terlebih sampai dua minggu paling akhir ini intensitas curah hujan relatif tinggi. ” Terkecuali banjir umumnya juga tanah longsor. Terlebih lokasi masuk Kota Pacitan, ” katanya.
(poe)

About admin