Home / kesehatan / Cara Membuat ASI Menjadi Lancar

Cara Membuat ASI Menjadi Lancar

Cara Membuat ASI Menjadi Lancar – Banyak ibu muda mengeluhkan air susunya yang sedikit saja keluar. Walau sebenarnya tekad untuk memberi ASI eksklusif terhadap anaknya demikian besar. Bagaimana langkah menaikkan produksi ASI dengan alami lewat makanan?

Dalam minggu ASI sedunia yang diperingati lepas 1 – 7 Agustus, pelaksanaan himpunan resep Cookpad memberi 3 surat keterangan resep untuk type makanan penambahan yang bisa menolong beberapa ibu menyusui agar mempunyai ASI berkwalitas serta melimpah.

1. Daun Bangun Bangun

Selain daun katuk yang popular di kelompok penduduk, ada pula daun bangun bangun yang mempunyai manfaat sama.
Daun bangun bangun di kenal oleh penduduk yang tinggal di lokasi Sumatera Utara. Tanaman yang digunakan daunnya ini di kenal juga bisa memperlancar ASI. Jadi, jikalau Anda temukan daun ini selekasnya olah serta mengkonsumsi dengan resep yang direferensikan di bawah ini.

Bahan-bahan

1 ikat Daun Bangun2/Daun Jinten
1/2 ekor Ayam (ayam kampung lebih enak)
3 buah Jeruk Nipis
1/2 Butir Kelapa Parut, peras, pisahkan santan kental & encernya
seperlunya Garam, kaldu jamur
Bumbu Halus :

7 siung Bawang Merah
4 siung Bawang Putih
2 ruas Kunyit
1 sdm Andaliman
3 buah Cabe Rawit (sesuai sama selera pedas masing2)
1 sdm Ketumbar
3 bh Kemiri
Langkah

Petik daun bangun-bangun, bersihkan bersih, tiriskan lantas remas-remas dengan 3 sdm garam sampai layu, buang airnya serta cuci. Remas-remas sekali lagi tanpa ada garam, cuci. Jalankan ini empat atau lima kali sampai airnya bening serta tidak kehijauan sekali lagi. Paling akhir, peras sampai kering lantas berikan kucuran (2buah) Jeruk Nipis, aduk-aduk diamkan 30-60 menit.

Bersihkan bersih ayam, berikan kucuran (1bh) jeruk nipis serta garam, aduk-aduk, sisihkan.

Tumis bumbu halus sampai harum, berikan santan encer, didihkan.

Sesudah mendidih, masukan ayam serta rebus sampai empuk, berikan garam serta kaldu jamur seperlunya, koreksi rasa, masukan daun bangun bangun yg sudah diremas serta dikucuri jeruk nipis, aduk-aduk, hidangkan.

Resep daun bangun bangun sedetailnya berada di sini.

2. Sup Pepaya Muda

Buah pepaya yang kaya serat ini memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk badan. Umumnya pepaya dikonsumsi waktu telah masak lantaran rasa yang manis, tapi ada pula yang memproduksi pepaya muda atau yang belum juga masak, satu diantaranya sup pepaya muda ini.
Untuk lengkapi nutrisi dalam masakan, Anda dapat memberikan ayam atau ikan untuk konsumsi protein pada badan untuk menghasilkan ASI.

Bahan-bahan

5-6 kuntum jamur hioko kering
15 buah hongzhao/jujube ukuran tengah dibuang bijinya
1 buah pepaya muda ukuran sedang
4-5 sdm qizi/gojiberry/kice
10 irislah jahe
seperlunya Garam
Bersihkan jamur hioko terlebih dulu baru lalu di rendam di air panas dalam wadah tertutup. Sesudah lembut, peras airnya. Lalu potong jadi 4 sisi/kuntum

Hongzhao dicuci lantas belah serta mengeluarkan bijinya. Karena bijinya dapat buat panas dalam.

Kupas kulit pepaya muda, belah serta bersihkan bijinya, lalu dipotong sesuai sama selera.

Kupas jahe, bersihkan bersih serta iris tidak tebal.

Sediakan air dalam panci, masak hingga mendidih. Masukan jahe, jamur hioko, hongzhao, qizi, rebus sekali lagi hingga mendidih, lantas kecilkan apinya. Tutup pancinya. Apabila semuanya bahan itu telah lembut, baru paling akhir masukan pepaya muda serta garam. Masak sekali lagi hingga pepaya lembut lantas tes rasa.

Sesudah rasa telah cocok, sajikan sup dalam mangkuk serta nikmati dalam kondisi hangat. Sup dapat dikonsumsi tiap-tiap hari.

Resep sup pepaya muda dapat diliat disini.

3. Juice Kurma

Buah kurma yang telah masak mempunyai kandungan gula menggapai 80%, bekasnya yaitu protein, serat serta nutrisi perlu yang lain yang mungkin. Bagi ibu menyusui, buah kurma begitu baik untuk masa pemulihan saat melahirkan serta menghindar kurang darah serta yang paling utama yaitu ASI deras, stamina terus fit.
Kurma masak umum dikonsumsi segera. Supaya lebih beragam serta tidak jenuh, kurma dapat dibuat jadi minuman yang fresh.

6-7 butir kurma
60 ml air matang
150 ml susu cair
Langkah

Buang biji kurma, rendam kurma di air masak sepanjang 8 jam. Masukan ke almari es.

Blender kurma, air rendamannya dan susu cair hingga halus. Minum 15 menit – 1/2 jam sesudah makan nasi.

About admin