Home / berita umum / Disertasi Dosen IAIN Surakarta Abdul Aziz Yang Jadi Ramai

Disertasi Dosen IAIN Surakarta Abdul Aziz Yang Jadi Ramai

Disertasi Dosen IAIN Surakarta Abdul Aziz Yang Jadi Ramai – Dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, Abdul Aziz, tidak mengira disertasinya jadi seru mirip ini. Ia serta keluarganya terus mendapat intimidasi di medsos.

Semua berasal dari disertasi ‘Konsep Milk al-Yamin Muhammad Syahrur jadi Keabsahan Interaksi Seksual Nonmarital’ yang ia tuliskan. Disertasi ini selamat waktu diujikan pada 28 Agustus 2019 waktu lalu.

Mahasiswa doktoral Interdisciplinary Islamic Studies di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, ini memang cuma mengulas pandangan Syahrur, intelektual asal Suriah perihal hubungan seksual di luar nikah yang halal dalam batas-batas khusus.

Mungkin, penduduk mendalami jika ide itu merupakan pandangan dari Abdul Aziz. Meskipun sebenarnya dosen Fakultas Syariah IAIN Surakarta itu cuma menerangkan serta mengritisi pandangan Syahrur.

” Tak mengira hingga mirip ini. Saya diteror di jejaring sosial, disudutkan sekali. Bukan hanya saya, namun istri serta anak saya juga. Bahkan juga anak saya hingga menangis, ” kata Abdul di gedung Fakultas Syariah, IAIN Surakarta, Rabu (4/9/2019) .

Ada faksi yang bikin meme photo dirinya sendiri dengan penambahan tulisan ‘duta mesum’. Bahkan juga ada yang hingga menyebutkan dirinya sendiri murtad dari Islam.

Menurut dia, banyak komentar miring itu udah di luar kondisi. Dikarenakan yang ia susun merupakan produk akademis yang berdasar pengamatan dalam.

” Kita ini pemikir, saya pula banyak mengkaji Imam Syafii serta ulama lain, yang semestinya tidak sama dengan Syahrur. Namun memang tak diterbitkan. Bila terornya mirip ini kan apa hubungan? ” tuturnya.

Diakui dia, memang tak tutup semua arahan serta saran yang sifatnya akademik. Bahkan juga sepanjang penataan disertasi, dirinya sendiri telah banyak berdiskusi dengan dosen lain.

” Saya terbuka dari arahan serta saran. Ini juga udah lewat diskusi dengan dosen lain. Banyak yang mempersoalkan, serta saya bikin jadi saran, ” tutur Abdul.

Abdul menyebutkan aksi warganet udah terlalu berlebih. Ia juga merencanakan bikin laporan pada akun-akun yang menerornya.

” Ini saya menganggapnya udah kelewatan, lantaran hingga menyerang keluarga saya. Ini bakal saya adukan ke kepolisian, ” tutupnya.

Disertasi Direvisi
Sekejap waktu ujian di UIN Yogyakarta, Abdul udah mendapat instruksi dari club penguji untuk melakukan revisi bagian bagian yang polemis. Belum melakukan revisi, halaman sampul disertasi Abdul udah viral di medsos.

Di sisi judul bakal direvisi jadi ‘Problematika Ide Milk al-Yamin dalam Pertimbangan Muhammad Syahrur’. Perubahan judul pasti akan merubah sisi lain, seperti abstraksi sampai arahan.

Masukan Abdul terhadap Syahrur dianggap kurang mendalam. Ia disuruh lebih menimbulkan subjektivitas Syahrur dalam bikin pandangan itu.

” Sebenarnya saya udah kerjakan arahan dari sisi gender serta bahasa, namun disuruh supaya diperluas. Kenapa Syahrur memiliki pendapat semacam itu. Agar subjektivitas Syahrur diperluas, ” kata Aziz.

Oleh karena ada koreksi ini, proses penataan disertasinya jadi makin lama. Ia mengharap bisa cepat mengakhiri koreksi sampai hasil penelitiannya bisa lekas dipublikasi.

” Semestinya ini sedikit akan tambal sulam, sampai perlu waktu yang cukup, inginnya ya cepat saja. Disertasi ini saja saya bikin tiga tahunan, lantaran mesti sembari mengajar pula, ” tutur ia.

About admin