Home / berita umum / El Nino Sebabkan Musim Kemarau Panjang Berdampak Pada Menurunnya Produksi Beras

El Nino Sebabkan Musim Kemarau Panjang Berdampak Pada Menurunnya Produksi Beras

 El Nino Sebabkan Musim Kemarau Panjang Berdampak Pada Menurunnya Produksi Beras – Produksi padi yg menyusut bikin persediaan beras pun menyusut. Satu diantaranya yg bikin produksi menyusut merupakan factor cuaca.

Factor cuaca seperti kemarau dan hujan bisa membatasi produksi beras. Ditambah lagi disaat masuk perubahan musim, soal yg di cemaskan merupakan terjadinya el nino.

El Nino adalah tanda-tanda penyimpangan situasi laut yang bisa mengakibatkan kekeringan di sebagian lokasi juga sekaligus hujan lebat di lokasi beda.
Di Indonesia, el nino sebabkan musim kemarau panjang lantaran pengurangan curah hujan yg penting.

” Kemarau, hujan memiliki pengaruh ditambah lagi kan saat ini takutnya ada ini ya el nino ya, masalah ini yang wajib jadi perhatian, ” jelas Ekonom Indef Rusli Abdullah lewat telpon, Senin (12/11/2018) .

Harga gabah yg bertambah juga memiliki pengaruh pada produksi beras yg menyusut. Dikarenakan gabah adalah sumber dari penanaman padi yg bakal dibuat berubah menjadi beras.

” Lantaran suplai pun, bila gabah naik bermakna kan itu dari sawahnya ya, produksinya (beras) menyusut ” imbuhnya.

Banyak petani gabah pun memiliki pengaruh dalam produksi beras. Dikarenakan gabah yg mereka taruh selayaknya diterbitkan ke petani beras.

” Bila beras bertambah itu memang lantaran gabahnya gak ada atau lantaran gabahnya belum juga di-share sama rumah tangga (petani) , ” ujar Rusli.

Buat terwujud turunnya harga beras, membutuhkan kordinasi pada petani gabah serta petani beras buat menambah produksi beras. Dikarenakan apabila hal semacam itu tak dilaksanakan, produksi beras bakal terkendala

About admin