Home / berita umum / Fadli Zon Minta Mendagri Mundur Karena Dianggap Tidak Becus Urus KTP Elektronik

Fadli Zon Minta Mendagri Mundur Karena Dianggap Tidak Becus Urus KTP Elektronik

Fadli Zon Minta Mendagri Mundur Karena Dianggap Tidak Becus Urus KTP Elektronik – Wakil Ketua DPR Fadli Zon menganjurkan Mendagri Tjahjo Kumolo mundur lantaran dikira tak becus mengatur KTP elektronik. Hal semacam itu menyusul ditemukannya KTP elektronik bersebaran di daerah Duren Sawit, Jakarta Timur. Bahkan juga blanko diketemukan dipasarkan melalui situs penjualan, serta di toko fisik.

” Saya sangka saudara Tjahjo Kumolo seharusnya mengundurkan diri saja. Ini gak becus mengelola soal e-KTP, mengelola DPT serta mengelola data-data kependudukan. Ini persoalan-persoalan basic kok. Sepanjang 4 tahun ini ngapain saja begitu loh, ” kata Fadli di Kompleks Parlemen, Jakarta Selatan Selasa (11/12) .

Fadli mengemukakan, Tjahjo sempat menyatakan siap dicoret apabila tak bisa berubah menjadi menteri. Ia menilainya data kependudukan dapat bersebaran seperti sampah itu udah batas kelewatan.

” Saya baca itu menteri dalam negeri siap dicoret buat apa yang dimaksud, harusnya mengundurkan diri saja bila memang tak bisa ya. Lantaran ini udah kelewatan. Tak berada pada negara beda, semuanya dunia, ” tegasnya.

Fadli menyebutkan perkara KTP elektronik bersebaran ini berubah menjadi kejadian buat Kemendagri berbenah. Terlebih dalam soal perlindungan data masyarakat. Ia mengkritik seandainya data itu jadi dipegang oleh beberapa pihak swasta.

” Saya sangka ini mesti berubah menjadi pelajari keseluruhan, hingga data kependudukan itu ketujuan pada single identity number, seperti di sekian banyak negara maju, ” ujarnya.

Fadli bertanya-tanya Kemendagri dapat kecurian. Selayaknya ujarnya, Kemendagri bertanggungjawab atas moment itu tidaklah jadi melempar tanggungjawab.

” Bila itu tindak pidana mengapa dapat kecurian ya. Apa pun tanggung jawab siapa data kependudukan? Tanggung jawab siapa? Ya yg bertanggungjawab itu tentunya di Kemendagri. Pentolannya ya Mendagri di bawahnya Dirjen Dukcapil, ya dua-duanya menurut saya gak becus. Jelas kok itu, ” katanya.

About admin