Home / berita umum / Jelang Ramadhan, Makam Gus Dur Dipadati Ribuan Peziarah

Jelang Ramadhan, Makam Gus Dur Dipadati Ribuan Peziarah

Jelang Ramadhan, Makam Gus Dur Dipadati Ribuan Peziarah – Berziarah ke makam beberapa leluhur telah jadi adat umat Islam mendekati bulan suci Ramadhan. Tidak kecuali makam beberapa ulama yang dipandang seperti wali, seperti KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di Jombang.

Beberapa waktu mendekati Ramadhan, makam Presiden ke empat RI itu dipadati beberapa ribu peziarah. Makam Gus Dur ada di kompleks pemakaman keluarga Pesantren Tebuireng, Diwek, Jombang.

Tidak cuma dari Jombang, beberapa peziarah hadir dari beberapa wilayah di tanah air. Mereka kelihatan khusuk berdoa di seputar ruang pemakaman. Dalam tempat ini ada makam tokoh pendiri NU yang kakek Gus Dur KH Hasyim Asy’ari, dan pahlawan nasional KH Wahid Hasyim yang disebut ayah Gus Dur.

Seperti yang dikerjakan Suparno (50), peziarah asal Jatirejo, Mojokerto. Hadir bersama dengan anak didiknya, guru ngaji ini akui teratur tiap tahun berziarah ke makam Gus Dur. Terutamanya mendekati bulan suci Ramadhan.

“Untuk menyambut Ramadhan, semoga beberapa anak saya ibadahnya istikomah, agar mereka mengetahui arah dari ziarah,” kata Suparno pada wartawan, Sabtu (4/5/2019).

Salah seseorang pengurus PP Tebuireng Jombang Teuku Azwani menerangkan, jumlahnya peziarah makam Gus Dur bertambah semenjak satu pekan terkahir. Menurutnya, kenaikan jumlahnya peziarah sampai 3 kali lipat dari hari-hari biasa.

“Jika hari biasa itu 2-3 ribu peziarah setiap harinya. Mendekati bulan suci Ramadhan ini sampai 10 ribu satu hari, bahkan juga lebih,” katanya.

Lonjakan jumlahnya peziarah, lebih Azwani, bukan tanpa ada alasan. Menurutnya, sepanjang bulan Ramadhan umat Islam akan konsentrasi melaksanakan ibadah.

“Saat bulan Ramadhan telah berjalan, banyak orang pilih konsentrasi melaksanakan ibadah serta tidak ada yang ziarah ke makam beberapa wali,” terangnya.

About admin