Home / berita umum / Kebakaran Padang Savana Terbukti Peristiwa Alam

Kebakaran Padang Savana Terbukti Peristiwa Alam

Kebakaran Padang Savana Terbukti Peristiwa Alam – Polisi menyampaikan pemicu kebakaran di padang savana di Gili Lawa, Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT) dikarenakan aspek alam. Rangkuman itu berdasar pada hasil kontrol Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) cabang Denpasar Bali berkaitan tidak ditemukannya residu bahan hidrokarbon di tempat kebakaran.

” Sesuai dengan info dari penyidik Polres Manggarai Barat jika penyidik barusan tempo hari memperoleh hasil labfor, dimana akhirnya tidak diketemukan hidrokarbon pada pulau yang terbakar, ” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, Jumat (7/9/2018).

” Diprediksikan pemicu kebakaran karena open flame, seperti gesekan benda yang gampang terbakar di tempat terbuka, ” sambung dia.

Dedi menjelaskan hasil Labfor ini sekaligus juga mematahkan pendapat pemicu kebakaran karena aspek kesengajaan manusia. ” Menjadi jika menyengaja dibakar telah termentahkan, ” tutur Dedi.

Dedi menuturkan open flame disangka berlangsung karena kemarau panjang yang mengakibatkan savana begitu kering, hingga gesekan ranting pohon juga dapat mengakibatkan percikan api.

” Karena kemarau panjang serta savana disana begitu kering, karena itu gesekan ranting pohon kering munculkan percikan api yang mengakibatkan kebakaran tempat, ” jelas Dedi.

Awal mulanya beberapa saksi sudah sempat dicheck polisi berkaitan kebakaran ini. Ruang yang terbakar cukuplah luas karena Gili Lawa seutuhnya ditumbuhi savana. Efek kebakaran ini, pihak pengelola Taman Nasional Komodo gagasannya akan lakukan pemulihan dengan alamiah alias suksesi alam. Perkembangan rumput akan makin cepat waktu curah hujan tinggi.

Momen kebakaran ini berlangsung pada Rabu (1/8) malam seputar jam 18. 00 Wita. Api baru dapat dipadamkan pada Kamis (2/8) jam 03. 00 Wita.

About admin