Home / berita umum / Pelaku Penipuan Berkedok Travel Umrah Diamankan Polres Mamuju

Pelaku Penipuan Berkedok Travel Umrah Diamankan Polres Mamuju

Pelaku Penipuan Berkedok Travel Umrah Diamankan Polres Mamuju – Polres Mamuju, Sulawesi Barat, tangkap aktor penipuan berkedok travel umrah. Pria berinisial SE diamankan sesudah polisi mendapatkan laporan dari beberapa korbannya.

Kasatreskrim Polres Metro Mamuju, AKP Syamsuriansah menyebutkan sekitar 99 masyarakat tertipu oleh SE. Mengenai keseluruhan kerugian materiel yang diakibatkan sampai Rp 2 miliar.

“Kerugian materiel sekitar Rp 2,15 miliar. Korban yang sudah menyetor beberapa dana dijanjikan untuk diberangkatkan ke Tanah Suci sesuai dengan waktu yang sudah dipastikan,” kata Syamsuriansah pada wartawan, Kamis (25/4/2019).

Syamsuriansah menyebutkan kerugian yang terkena semasing korban beragam. Ada yang tertipu Rp 17 juta, bahkan juga sampai Rp 27 juta.

“Banyaknya (kerugian) beragam, pada Rp 17 juta sampai Rp 27 juta, bergantung paket beribadah yang diambil,” tuturnya.

“Mereka (korban) dijanjikan akan diberangkatkan melaksanakan ibadah dengan setahap pada bulan Januari tempo hari. Tetapi kenyataannya sampai saat ini belumlah ada jemaah yang diberangkatkan,” tambah Syamsuriansah.

SE sendiri mengaku jika travel umrah kepunyaannya, yang bernaung dibawah PT Amanah Ummat, belum mempunyai izin sah dari Kementerian Agama Propinsi Sulawesi Barat. Tetapi, ia masih dapat memberikan keyakinan calon korbannya.

“Untuk memberikan keyakinan beberapa korban, terduga sudah sempat memberangkatkan beberapa masyarakat memakai dana yang terkumpul dari masyarakat yang mendaftarkan lebih awal,” tutur Syamsuriansah.

SE telah diputuskan menjadi terduga. Tetapi, polisi masih lakukan peningkatan untuk menyingkap keterkaitan pihak lainnya.

Polisi mengambil alih beberapa tanda bukti. Tanda bukti yang diambil alih yaitu, dokumen perusahaan, paspor jemaah yang tidak berhasil pergi, dan rekening bank punya terduga.

About admin