Home / Uncategorized / Selat Makasar Dengan Pulau Yang Harus Di Kunjungi

Selat Makasar Dengan Pulau Yang Harus Di Kunjungi

Selat Makasar Dengan Pulau Yang Harus Di Kunjungi – Balabalagan, satu kata yang masih tetap tidak sering terdengar didunia pariwisata Indonesia. Tetapi, pulau di Selat Makassar ini tawarkan banyak tujuan indah.

Balabalagan datang dari kekeliruan pengucapan nama Kepulauan Balabalakang. letaknya di selat makassar, masih tetap kelanjutan basic benua pulau Kalimantan sampai sebelumnya palung Sulawesi. Akses paling dekat ke Balabalagan yaitu dari pesisir Kalimantan Timur dengan naik kapal.

Balabalagan mempunyai sekitaran 16 pulau serta banyak gusung. Jarak antar pulau serta gusung berdekatan. Jadi bila telah tiba di Kepulauan Balabalakang serta bingung ingin mengeksplore dari tempat mana, tersebut daftar pulau serta gusung yang bagus untuk dikunjungi :

Pulau Popoongan

Pulau ini letaknya di tengahnya Kepulauan Balabalakang. Dari pulau ini tampak banyak pulau serta gusung dari beragam arah. Pulau Popoongan yaitu pulau terfavorit untuk jadikan homestay wisatawan.

Argumennya yaitu warga Pulau Popoongan begitu ramah. Sarana seperti WC serta Sumur umum cukup mencukupi, banyak penyu sisik hilir mudik di pulau ini serta situasi kampung yang asri dan mempunyai pantai yang cukup indah.

Pulau Sabakattang

Pulau ini yaitu pulau yang pertama diraih dari arah Balikpapan. Hanya satu pulau yang mempunyai tanda Telkomsel meskipun dalam jarak terbatas. pantainya cukup bagus dengan dermaga pulau yang begitu panjang.

Pulau Salissingan

Pulau ini yaitu pulau yang pertama di raih dari arah Tana Grogot. Pulau ini Pantainya kurang menarik. Nilai plus nya ialah Pulau Salissingan yaitu pusat perikanan di Balabalakang. Banyak ikan fresh berdatangan dari nelayan. Terkecuali pusat pengepulan ikan, Salissingan juga pusat pemrosesan teripang.

Janganlah heran bila banyak penyelam kompressor tinggal disini. Di pusat pemrosesan teripang, nelayan atau penyelam membawa teripang hidup serta di jual ke pusat pemrosesan.

Disini, kita dapat turut belajar langkah pemrosesan teripang dari yang basah sampai jadi kering serta siap di jual di market. Harga ikan fresh, ikan asin serta hasil laut yang lain di Pulau Salissingan begitu murah.

Pulau Durian

Pulau ini istimewa, karna ada tugu kapal monitor biru jadi sinyal lokasi pernyataan sulawesi barat. Begitu tidak sering ada wisatawan yang datang bertandang serta berfoto di pulau ini.

Pulau Samataha

Pulau ini mempunyai terumbu karang yang begitu dekat dengan pantai. Pulau ini mempunyai jejeran kima yang memiliki ukuran begitu besar pas di bawah dermaga pulaunya.

Pulau Saboyang

Pulau ini yaitu hanya satu pulau yang mempunyai sumur air tawar. Letak keindahannya yaitu dermaga Pulau Saboyang paling panjang diantara pulau-pulau yang lain.

Dermaga ini yaitu tempat paling baik untuk memfoto langit malam bertabur bintang bahkan juga milky way. Karna letak dermaganya jauh dari pemukiman masyarakat sampai polusi cahayanya amat sedikit.

Oleh karenanya jadi tempat paling baik untuk mengabadikan keindahan langit malam. Umumnya saat paling baik untuk lihat milky way yaitu dari April sampai Agustus.

Pulau Lamudaan

Pulau ini mempunyai pantai yang cantik. Warna lautnya begitu indah di siang hari. Sayang sekali dermaga pulaunya cukup beresiko untuk dinaiki karna sangatlah ringkih, hingga baiknya mendaratkan kapal di dekat pantai waktu gunakan air laut saja.

Gusung Lamudaan

Gusung ini pas dimuka dermaga Pulau Lamudaan. Di sekitar gusung ini ada hamparan luas terumbu karang. Jadi harus hukumnya bersnorkeling disini. Terlebih disini banyak sotong berkeliaran.

Pulau Anak Sumanga

Pulau ini mempunyai landscape yang indah. baik daratannya ataupun aerial view nya. Pulau ini mempunyai tanaman perdu berbunga ungu yang cantik. Pasir pantainya berwarna krem serta lembut seperti tepung.

Di batas laut dangkal serta tebing lautnya ada spot terumbu karang yang cukup indah. Disini harus hukumnya berfoto ria serta bersnorkeling ria. Tentu kerasan terlalu lama.

Gusung Sumanga

Bila waktu air laut surut, jadi mampirlah ke Gusung Sumanga. Memiliki bentuk cantik seperti bln. sabit. Peristiwa waktu matahari mulai beranjak terbenam ke ufuk barat yaitu event terindah. Di dekat gusung ini ada juga spot terumbu karang. Jadi janganlah terlewat aktivitas snorkeling di gusung ini.

Pulau Labia

Pulau ini cukup besar. Dermaga pulaunya tetap dalam keadaan cukup baik. Pantai serta warna lautnya begitu indah. Belumlah ada yang sempat mendokumentasikan terumbu karang yang ada di sekitar Pulau Labia, jadi janganlah terlewat peluang jadi orang yang pertama mengabadikan keindahannya.

Gusung Lalungan

Gusung ini istimewa karna memiliki bentuk seperti angka 9. gusung ini mempunyai hamparan terumbu karang sampai mendekati bibir pantai. Saat yang pas untuk snorkeling yaitu saat air laut gunakan hingga mempermudah bersnorkeling.

Bila surut, baiknya janganlah snorkeling karna badan tentu penuh luka gesekan dengan karang serta mengakibatkan kerusakan karang hidup. Spot karang yang spektakuler yaitu di batas tebing lautnya.

Banyak table coral berupa besar tetapi hati-hatilah dengan arusnya yang cukup kuat. Gusung ini jadi tempat nikmati peristiwa sunset yang bagus.

Gusung Tandu

Gusung Tandu adalah rangkaian sebagian gusung. persisnya ada 3 gusung yang berdekatan. Ini yaitu gusung paling dekat yang diraih dari arah pesisir grogot.

Ke-3 gusung mempunyai bentuk yang tidak sama serta mempunyai hamparan terumbu karang yang begitu indah. Janganlah terlewat aktivitas snorkeling disini, tapi hati-hatilah dengan arus laut yang kuat

About admin