Home / berita umum / Timses Pilpres Menjalankan Apa Yang SBY Katakan

Timses Pilpres Menjalankan Apa Yang SBY Katakan

Timses Pilpres Menjalankan Apa Yang SBY KatakanĀ  – Gempa bumi serta tsunami di Sulawesi Tengah membuat tim Joko Widodo-Ma’ruf Amin serta Prabowo Subianto-Sandiaga Uno setuju, walau belumlah dengan legal. Kedua-duanya setuju kampanye butuh setop di lokasi itu menjadi solidaritas pada korban bencana.

KPU awalannya menyebutkan penghentian kampanye tidak dapat dikerjakan sebab telah masuk dalam tingkatan pemilu di UU. Walau demikian, KPU menyebutkan penyetopan kampanye berbentuk persetujuan pada beberapa peserta pemilu.

” Benar (pemberhentian) bergantung persetujuan peserta pemilu, tetapi kan saat ini telah ada persetujuan mereka tidak kampanye di daerah bencana, ” tutur Komisioner KPU Wahyu Setiawan di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Selasa (2/10/2018) .

KPU mengapresiasi pasangan capres-cawapres bersama parpol-parpol pengusungnya yang sepakat dengan saran penghentian kampanye di Sulteng. Inspirasi ini bermula dari Ketum Partai Demokrat yang Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang disuruh oleh Mendagri Tjahjo Kumolo.

” KPU mengapresiasi persetujuan yang telah dibikin partai politik peserta pemilu, pasangan capres-cawapres nomer 01 serta 02, pandangan dari presiden ke enam (Susilo Bambang Yudhoyono) , Mendagri (Tjahjo Kumolo) yang coba memprioritaskan pendekatan kemanusiaan, untuk menolong saudara kita yang terserang bencana, terutamanya di Donggala, Palu, serta sekelilingnya, ” ucap Wahyu.

Walau demikian, persetujuan ke-2 tim peserta pemilu menurut KPU tidak butuh hitam diatas putih alias persetujuan tercatat yang legal. Persetujuan tidak untuk kampanye di daerah terdampak gempa dipandang seperti satu bentuk prinsip.

” Ya tidak butuh hitam diatas putih, itukan persetujuan tidak berkampanye ya begitu saja. Menjadi mereka kan tidak berkampanye disana, ” kata Komisioner KPU yang lain, Ilham Saputra di tempat yang sama.

Walau demikian, KPU siap memfasilitasi jika ke-2 pihak ingin membuat persetujuan tercatat. ” Akan tetapi kelak jika kita lihat memang dibutuhkan (terdapatnya bukti persetujuan) ya kita fasilitasi, ” sambungnya.

Pihak Jokowi-Ma’ruf tidak terasa keberatan dengan saran itu. Mereka siap ikuti persetujuan tidak kampanye di Sulteng.

” Prinsipnya TKN Jokowi-Ma’ruf setuju untuk hentikan tingkatan kampanye baik itu permanen, ataupun sesaat. Terpenting di beberapa daerah Gempa Sulteng, ” tutur Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf, Abdul Kadir Karding waktu diminta konfirmasi, Selasa (2/10) .

Karding menyatakan, pihaknya sepakat dengan inspirasi penyetopan kampanye untuk menghargai korban gempa. Tim Jokowi-Ma’ruf siap jika hal itu jadi ketetapan bersamanya.

” Dalam keadaan seperti ini hari, berkampanye juga tidak nyaman, bahkan juga saya duga semakin banyak mudaratnya, menjadi saya duga kita tak perlu kampanye di Palu, Sulteng, ” ucap Karding.

Selain itu tim Prabowo-Sandiaga mengatakan telah tunda kampanye di Sulawesi, tidak cuma Sulteng saja. Koordinator Juru bicara Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan pihaknya telah hentikan kampanye di lokasi itu walau tidak ada persetujuan.

” Yang pasti kami tanpa persetujuan, tanpa musyawarah telah mensuspend, ” kata Dahnil.
” Ingin yang lainnya tidak setuju tidak permasalahan kami telah hentikan kampanye di Sulawesi, ” imbuhnya.

Inspirasi masalah penyetopan kampanye sebab gempa Sulteng ini bermula dari saran SBY. Hampir semua partai sepakat dengan pendapat Presiden RI ke-6 itu.

SBY memberi pendapat pada elite politik di dalam bencana gempa bumi di Sulawesi Tengah. Ia mengimbau supaya kampanye Pemilihan presiden 2019 dihentikan sesaat.

SBY melihat waktunya bangsa Indonesia tunjukkan solidaritas untuk saudara sebangsa yang alami musibah serta sekaligus juga menolong pemerintah menangani bencana itu. Pertolongan dikasihkan baik pada babak tanggap darurat sampai rehabilitasi serta rekonstruksi.

” Mari kita prioritaskan dahulu menyatu padu kita menolong pemerintah, menolong saudara-saudara kita serta sesaat saya duga pekerjaan kampanye pemilu kita hentikan dahulu, ” tegas SBY.

About admin