Home / berita umum / Tsamara Amani Mendukung Langkah KPU

Tsamara Amani Mendukung Langkah KPU

Tsamara Amani Mendukung Langkah KPU – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mensupport penuh ketentuan KPU yang melarang eks koruptor maju jadi calon legislatif yang juga akan tercantum dalam Ketentuan KPU (PKPU) . Ketua DPP PSI Tsamara Amani mengatakan ketentuan itu telah pas.

” KPU telah ada di jalur yang pas, berarti kami tidak ingin terima serta tidak dapat terima fakta kalau beberapa orang yang sempat jadi koruptor lalu kita ijinkan kembali berkontestasi dalam Pileg yang disana mereka juga akan mewakili orang-orang sekali lagi, ” kata Tsamara di Resto Gado-Gado Boplo, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (27/5/2018) .

Ia juga mengungkap dianya menyayangkan sikap DPR yang masih tetap menampik ketentuan KPU berkaitan hal tersebut. Ia menjelaskan, partai-partai yang ada di DPR semestinya mensupport ketentuan yang di buat oleh KPU.

” Kami begitu menyayangkan (sikap DPR yang masih tetap tidak sepakat dengan ketentuan itu) . Malah parpol yang berada di DPR harusnya mensupport gagasan KPU yang demikian progresif ini jadi kiper supaya beberapa orang yang miliki mental korupsi sesuai sama itu tidak lalu berkontestasi dalam Pileg, ” katanya.

KPU mengatur larangan itu dalam ketentuan KPU atau ketentuan internal parpol masalah rekrutmen caleg. KPU menyarankan larangan ini masuk dalam Ketentuan KPU Pasal 8 mengenai pencalonan anggota DPRD propinsi serta kabupaten/kota. Namun saran ini tidak di setujui Komisi II DPR, yang tetaplah menginginkan eks napi masalah korupsi tidak dilarang mencalonkan diri jadi anggota legislatif.

” Komisi II DPR RI, Bawaslu, Kemendagri menyetujui ketentuan larangan bekas napi korupsi dikembalikan ketentuannya pada Pasal 240 ayat 1 huruf g UU 7/2017, ” bunyi rangkuman rapat Komisi II dengan KPU serta Bawaslu, Selasa (22/5) tempo hari.

Namun KPU mengakui akan tetaplah buat ketentuan larangan eks napi korupsi jadi caleg. KPU siap hadapi pihak yang nanti menuntut ketentuan itu ke Mahkamah Agung.

About admin