Home / berita umum / Warga Ini Tak Risau Gunung Slamet Aktif Walau Berjarak Dekat

Warga Ini Tak Risau Gunung Slamet Aktif Walau Berjarak Dekat

Warga Ini Tak Risau Gunung Slamet Aktif Walau Berjarak Dekat – Walau ada kenaikan status Gunung Slamet sekarang dari Normal (level I) jadi Siaga (level II), kegiatan masyarakat di desa paling dekat dengan pucuk Gunung Slamet, masih seperti umumnya. Mereka tidak kuatir serta cemas saat Gunung Slamet aktif .

Desa Clekatakan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang adalah desa paling dekat dengan pucuk Gunung Slamet. Desa ini cuma memiliki jarak seputar 4,6 km dari pucuk.

Sukedi petugas pengamat waktu didapati detikcom, Sabtu (10/08) di Pos Penilaian Gunung Slamet, Desa Gambuhan menerangkan desa paling dekat dengan jarak 4,6 km yaitu Desa Clekatakan.

“Ya cuma 4,6 km. Kegiatan belum dipengaruhi,” kata Sukedi.

Selain itu, waktu memonitor keadaan Desa Clekatakan, situasi desa terlihat seperti umumnya. Masyarakat yang di tempat pertabian, masih melakukan aktivitas seperti umumnya. Beberapa anak masih bebas bermain di desa.

Rosidin (42) masyarakat desa ditempat akui kegiatan masyarakat tidak terusik.

“Semua berjalan normal. Jika kenaikan status siaga, kita biasa semacam ini. Ini lima tahunan serta kami aman,” tuturnya.

Dikisahkan Rosidin, kegiatan Gunung Slamet itu adalah kegiatan lima tahunan.

“Lima tahun waktu lalu saja, kita aman. Abu, gempa yang rasakan bagian barat (daerah Banyumas),” tuturnya.

Rosidin menerangkan waktu Gunung Slamet, desanya masih aman serta tidak rasakan apa-apa, walau termasuk desa paling dekat.

Hal sama disebutkan oleh Sukirno, Kepala Dusun Kandang Gotong, Desa Clekatakan.

“Alhamdulillah, desa kami, aman. Baik awalnya, atau sekarang. Masyarakat melakukan aktivitas normal seperti umumnya,” tuturnya.

Akan tetapi Sukirno memberikan tambahan faksinya akan selalu memonitor info berkaitan perubahan Gunung Slamet, dari Pos Penilaian Gambuhan.

“Kami nantikan info dari pos gambuhan. Serta kita patuhi ketentuan. Masyarakat desa sich cuma diladang, tidaklah sampai ke atas. Kita masih menjaga di radius 2 km,” jelas Sukirno.

About penulis77